Allahuma Shalli 'Ala Sayidina Wa Maulana Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam

Apa perlu Islam dan Al Quran di sempurnakan

Al Quran
Apa perlu Islam dan Al Quran di sempurnakan - Agusmustafa dalam sebuah buku nya mengajak kita semua sebagai umat Islam agar tidak memfinalkan  pemahaman kita terhadap Al Quran, karna jelas ini berlebihan karena kandungan Al Quran itu sendiri tidak bisa ditulis kan dengan tinta 7 samudera sekalipun. Lha kok ada sebagian kita menganggap sudah menguasai isi nya.

Memang agama Islam sudah Final dan begitu juga dengan Al Quran juga sudah Final. Sebagaimana Firman Allah dalam surat QS. Al Maa-idah (5):3. Akan tetapi  yang sempurna itu agamanya dan wahyu Al Quran sedangkan pemahaman kita terhadap ajaran Islam dan isi Al Quran itu sendiri masih jauh dari sempurna.

Usia kita tidak akan pernah cukup untuk melakukan pemahaman terhadap hikmah hikmah yag terkandung dalam Al Quran itu sendiri karna memang Kitab tersebut adalah sebagai pedoman untuk umat sampai akhir jaman.

Islam dan Al Quran sudah sempurna, tidak perlu dikembangkan dan disempurnakan lagi. Tapi yang musti dikembangkan dan disempurnakan adalah pemahaman kita terhadap Islam dan Al Quran itu sendiri seiring dengan perkembangan zaman yang terus berkembang. Karna memang Al Quran itu sendiri akan menjadi petunjuk sampai akhir zaman.

Kalau ada ketidaksesuaian ajaran Islam dengan persoalan yang sedang berlangsung, bukan Al Quran yang tidak sesuai dan tidak mampu menjawab tantangan zaman, melainkan pemahaman kita lah yang belum memadai untuk mengambil petunjuk petunjuk dari dalamnya.

Lakukanlah kajian kajian yang semakin mendalam, holistik, dan multidisipliner untuk mengeksplorasi petunjuk kehidupan dari Firman firman Allah tersebut, Sang Maha Guru kehidupan yang paling Bijaksana, Innallaha Huwal 'alimul hakim...

Pemahaman terhadap ilmu ilmu Allah tidak akan pernah final sepanjang hidu kita. Karena pemahaman tersebut adalah sebuah perjalanan yang tiada henti untuk menuju Sumber Segala Keabadian dan Sumber Segala Kemutlakan, Allah Azza Wajalla.

Allah memisah misah petunjuk Nya dalam Al Quran dalam berbagai surat dan ayat yang terpencar pencar. Dan untuk memahaminya secara utuh, tidak boleh mengambil dan mengkajinya secara sepotong sepotong. Tapi harus sebanyak mungkin, syukur bisa mengambil semuanya, lalu disusun menjadi ibarat gambar yang utuh, seperti menyusun rangkaian gambar mainan Puzzle.

Penulis menghimbau pada pembaca blog ini  khusus nya umat Islam dimana pun berada khususnya penulis sendiri marilah kita perbanyak membaca Al Quran, yang tidak hanya membaca teks nya tapi juga membaca makna dan hikmah yang terkandung dibalik teks teks Al Quran itu sendiri. Mudah mudahan Allah membimbing kita untuk memperoleh limpahan hikmah dari firman firman Nya yang mulia. Alhamdulillahi rabbil 'alamin...

Agusmustafa : Memahami Al Quran dengan Metode Puzzle.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Renungan / Ya Rabb ku dengan judul Apa perlu Islam dan Al Quran di sempurnakan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ya-rabbqu.blogspot.com/2013/02/apa-perlu-islam-dan-al-quran-di.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ya-rabbqu.blogspot.com - Thursday, February 21, 2013

Belum ada komentar untuk "Apa perlu Islam dan Al Quran di sempurnakan"

Post a Comment