Allahuma Shalli 'Ala Sayidina Wa Maulana Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam

Kebenaran milik siapa

Kebenaran milik siapa - Sering kali kita sebagai umat islam selalu memperdebatkan tentang siapa yang benar dan siapa yang salah. Kadang masing masing kita merasa sombong dengan apa yang kita ketahui dan membenarkan nya. Padahal kita sebagai manusia hanya lah mencoba melihat dan memahami kebenaran mutlak itu dari sudut pandang yang berbeda dan terbatas sebagai makluk. Oleh karena itu kebenaran setiap kita adalah sifatnya relatif, sesuai dengan latar belakang kita masing masing untuk memahaminya.

Dalam prateknya, memang kebenaran mutlak selalu menjadi kebenaranku, kebenaranmu dan kebenaranya. Dan semua itu sama sama bukan lah kebenaran sesungguhnya, melainkan hanya sekedar tafsir kebenaran belaka.

Dengan tegas Allah mengatakan dalam Al quran yang tau tentang kebenaran itu hanya Allah sendiri. Bukan kita sebagai manusia yang memiliki kemampuan serba terbatas. Apa lagi dalam forum diskusi/debat sering kali kita membenarkan pendapat kita masing masing padahal pendapat yang kita kemukakan tersebut adalah hasil pemahaman kita yang berasal dari latar belakang kita dalam memahami sesuatu tersebut. Kebenaran mutlak hanya lah milik Allah, dalam Al quran surat AN NAHL ayat 125 Allah menagatakan :

Serulah (manusia) kepada jalam Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan berdiskusilah dengan mereka secara baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dan jalan Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang orang yang mendapat petunjuk.

Jadi kadang terasa lucu juga jika kita memperdebatkan dan memperebutkan yang namanya kebenaran. Lha Wong, itu bukan milik kita. Melainkan hanya milik Allah Aza wajala semata.

Bila kita menyampaikan sebuah tulisan yang membahas tentang sesuatu yang belum tentu kita benar sepenuhnya tentang permasalahan tersebut sebaiknya di akhir tulisan atau di akhir mengungkapkan pendapat apalagi tentang umat banyak, sebaiknya di akhir kita ucapakan 'Allahu a'lam bishshawab - Hanya Allah yang tahu kebenaranya. Kenapa harus begitu, karna di yaumil masyar masing masing kita akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah kita lakukan di atas dunia ini. (Agus Mustofa)




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ya Rabb ku dengan judul Kebenaran milik siapa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ya-rabbqu.blogspot.com/2013/01/kebenaran-milik-siapa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ya-rabbqu.blogspot.com - Sunday, January 6, 2013

Belum ada komentar untuk "Kebenaran milik siapa"

Post a Comment